WELOME

Get Gifs at CodemySpace.com

Jumat, 24 Februari 2012

PARA ilmuwan telah menemukan spesies baru dari jenis amfibi Caecilian di wilayah timur laut India setelah melakukan 250 ekspedisi selama 5 tahun. Caecilian baru itu  hidup di hutan dan kemungkinan besar merupakan bagian dari spesiesnya di Afrika. Menurut para ilmuwan, mereka sangat sulit ditemukan di bawah tanah atau bahkan di bawah dedaunan.
Amfibi ini adalah jenis ke-10 yang dapat diidentifikasi, dan telah dinamakan Chikilidae, yang
berasal dari bahasa lokal Garo. Bukti DNA menunjukkan perpecahan family dari jenis terdekat di Afrika lebih dari 140 juta tahun yang lalu, ketika benua raksasa kuno Gondwana terpecah-pecah, yang memisahkan India dan Afrika.

Para ilmuwan, seperti yang diberitakan di jurnal milik Royal Society, Proceedings B, mengatakan bahwa spesies tersebut terancam populasi manusia dan area pertanian yang semakin bertambah.

"Caecilian adalah spesies yang misterius, sulit untuk mengidentifikasi apakah itu spesies baru atau genus atau family," kata SD Biju dari Universitas Delhi, yang memimpin proyek tersebut.

"Kami mempelajari molekul (DNA) dan morfologinya untuk melakukan identifikasi, baik internal maupun eksternal," katanya kepada BBC News.

Ketika analisis selesai, para peneliti menemukan mereka tidak hanya merupakan spesies baru, tetapi perwakilan pertama dari family baru. Caecilian betina yang menetaskan anak mereka selama beberapa bulan mampu bertahan tanpa makan. Kemudian, telur Chikilidae yang menetas menjadi Caecilian dewasa, tidak melalui tahap larva.

"Kami menemukan mereka tidak hanya di kawasan hutan tetapi juga sangat dekat dengan pemukiman manusia," kata Biju. "Jadi, konservasi kelompok ini sangat menantang," tambahnya.

Beberapa hewan dilaporkan telah dibunuh oleh penduduk desa yang mengira mereka untuk ular berbisa. Padahal, mereka tidak memiliki racun.

Pada penemuan ini, mereka hidup di wilayah yang tampaknya bebas dari penyakit jamur, Chytridiomycosis, yang telah menghancurkan populasi amfibi di beberapa belahan dunia.

Secara global, amfibi adalah hewan yang terancam punah, dengan sekitar 40% spesies masuk dalam kategori mengkhawatirkan. (BBC/*/OL-10) http://www.mediaindonesia.com/read/2012/02/23/300391/39/6/Amfibi-Jenis-Baru-Ditemukan-di-India

Tidak ada komentar:

Posting Komentar